METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR FISIKA SMA : STUDI PADA KONSEP BESARAN DAN SATUAN TAHUN AJARAN 2012-2013

Authors

  • Agung Setiawan
  • Sutarto Sutarto
  • Indrawati Indrawati

DOI:

https://doi.org/10.19184/jpf.v1i3.23172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pembelajaran
dengan metode praktikum pada hasil belajar fisika dan retensi hasil belajar
fisika siswa. Penelitian ini dikenakan pada siswa kelas X-1 di SMA Negeri
1 Rambipuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi. Lokasi
penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini
dikenakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji. Waktu penelitian
dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu teknik dokumentasi,
observasi, tes dan wawancara. Untuk mengkaji pengaruh metode praktikum
terhadap hasil belajar fisika siswa digunakan teknik analisis “Paired
Samples T-Test†dengan taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan program
SPSS versi 16.0, untuk mendeskripsikan retensi hasil belajar fisika siswa
digunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan
bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan setelah pembelajaran dengan
metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X-1 SMA
Negeri 1 Rambipuji; (2) Retensi hasil belajar fisika siswa di kelas X-1
SMAN 1 Rambipuji metode praktikum tergolong tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-14

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>