MODEL INKUIRI DISERTAI MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA
Abstract
ABSTRAK Artikel ini melaporkan hasil penelitian eksperimen menggunakan model inkuiri disertai media lingkungan untuk melihat pengaruh model inkuiri disertai media lingkungan terhadap hasil belajar kognitif IPA-fisika. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen yang diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design.Sampel penelitian ditentukan menggunakan metodecluster random sampling melalui teknik undian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan post-test. Melalui hasil analisis data berupa hasil post-testoptik dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,017 dan Sig.(1-tailed) sebesar 0,0085 atau 0,0085< 0,05. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode tersebutmaka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri disertai media lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif IPA-Fisika pada materi optik  tahun ajaran 2015/2016 dibandingkan dengan metode direct instruction di SMP Negeri 1 Rambipuji.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2016-05-23
Issue
Section
Articles